RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDN 24 Sungai Raya
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas : II ( dua )
Semester : I (Satu)
Materi : Macam – Macam Peraturan
Alokasi Waktu : 3 x Pertemuan
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang di anutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, Disiplin, Tanggung Jawab, Santun, Peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami Pengetahuan Faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca,
dan menanya) berdasarkan rasa ingin tahu dirinya, mahluk ciptaan tuhan dan kegiatanya.
dan benda benda yang di jumpainya dirumah dan di sekolah.
dan menanya) berdasarkan rasa ingin tahu dirinya, mahluk ciptaan tuhan dan kegiatanya.
dan benda benda yang di jumpainya dirumah dan di sekolah.
4. menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berahlak mulia.
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berahlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami macam – macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.
4.1 Melaksanakan macam – macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat
INDIKATOR
Peserta didik dapat
1. Menyebutkan, memahami, dan melaksanakan macam – macam peraturan, dalam keluarga, sekolah dan masyarakat.
2. Menuliskan macam – macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat
3. Menuliskan macam cara melaksanakan macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat
4. Menjelaskan manfaat memahami melaksanakan macam – macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.
5. Menjelaskan cara melaksanakan macam – macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melaksanakan pembelajaran, peserta didik dapat melalui hal sebagai berikut
1. Menyebutkan, memahami dan melaksanakan macam-macam peraturan dalam, keluarga, sekolah dan masyarakat
2. Menuliskan macam – macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat
3. Menuliskan cara melaksanakan macam – macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat
4. Menjelaskan manfaat, memahami, dan melaksanakan macam – macam peraturan dalam keluarga, sekolah dan masyarakat
5. Menjelaskan cara melaksanakan macam – macam peraturan dalam keluarga, sekolah dan masyarakat
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Macam-macam peraturan
a. Peraturan dalam keluarga
b. Peraturan di sekolah
c. Peraturan di masyarakat
E. MERODE PEMBELAJARAN
- Pendekatan
- Ceramah
F. MEDIA, ALAT / SUMBER PEMBELAJARAN
Media
a. Gambar / foto peristiwa dalam lingkungan
b. Macam – macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat
Sumber Pembelajaran
a. Buku pendidikan agama buddha dan budi pekerti
b. Buku pegangan guru agama buddha dan budi pekerti
c. Lingkungan alam sekitar
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
a. Pendahuluan/ Kegiatan awal
- Memberi salam
- Mengajak berdoa sebelum pelajaran dengan membacakan namaskhara patha
- Absen siswa
- Menyebutkan materi yang akan dipelajari
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Memberi motivasi akan pentingnya mempelajari materi ini
b. Kegiatan inti
· Mengamati : Guru menampilkan gambar peristiwa alam di lingkungan
· Menanya : - Guru memberi dorongan kepada siswa untuk mengajukan
pertanyaan tentang gambar yang di tampilkan
pertanyaan tentang gambar yang di tampilkan
- Siswa yang lain bisa memberikan jawaban
· Eksplorasi : - guru mengajak siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan
- siswa melakukan membuang sampah pada tempatnya
· Mengkomunikasikan : - guru memberika tugas kepada siswa bergiliran kedepan untuk
kalimat – kalimat yang di buat tentang peraturan
dilingkunganya
kalimat – kalimat yang di buat tentang peraturan
dilingkunganya
Penutup
- guru memberikan timbal balik dengan cara menugaskan siswa untuk mempraktekkannya
dirumah, sekolah maupun di lingkungan sekitar
dirumah, sekolah maupun di lingkungan sekitar
- menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya
- membaca doa penutup dengan membaca namaskhara patha dan diakhiri dengan salam
Pertemuan 2
a. Pendahuluan ( kegiatan awal )
- Memberi salam
- Mengajak berdoa sebelum pelajaran di mulai dengan membacakan namaskhara patha
- Absen Siswa
- Tanya Jawab materi yang lalu
- Menyebutkan materi yang akan di pelajari
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Memberi motivasi tentang pentingnya mempelajari materi ini
b. Kegiatan inti
Mengamati - Guru menampilkan gambar peraturan dalam sekolah, keluarga
dan masyarakat
dan masyarakat
Menanya - Guru memberikan dorongan kepada siswa untuk mengajukan
pertanyaan tentang gambar yang di tampilkan
pertanyaan tentang gambar yang di tampilkan
Explorasi - Guru menjelaskan kepada siswa tentang peraturan, sekolah,
keluarga, dan masyarakat
keluarga, dan masyarakat
Mengasosiasi - Guru mengasosiasi siswa dengan memberikan pertanyaan lisan
tentang peraturan dalam sekolah, keluarga, maupun
dimasyarakat yang bermanfaat
tentang peraturan dalam sekolah, keluarga, maupun
dimasyarakat yang bermanfaat
Mengkomunikasikan - Secara bergiliran setiap siswa maju ke depan untuk
menceritakan tentang gambar
menceritakan tentang gambar
- Hasil kerja siswa di pajang di papan pajangan
- Guru memberi penilaian hasil kerja
c. Penutup
- Guru memberi timbal balik dengan cara menugaskan siswa untuk mempraktikannya dirumah, sekolah maupun di lingkungan sekitar.
- Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya
- Membaca doa penutup dengan membacakan namaskhara patha dan di akhiri dengan salam
Pertemuan 3
a. Pendahuluan ( kegiatan awal )
- Memberi salam
- Mengajak berdoa sebelum pelajaran di mulai dengan membacakan namaskhara patha
- Absen siswa
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyebutkan materi yang akan di pelajari
b. Kegiatan inti
Mengamati Guru menampilkan gambar tentang peraturan lalu lintas
Menanya Guru memberikan dorongan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan
tentang gambar yang di tampilkan
tentang gambar yang di tampilkan
Eksplorasi Guru menjelaskan tentang peraturan lalu lintas dan manfaatnya.
Siswa mendapat tugas untuk menceritakan gambar
Mengasosiasi Guru mengasosiasi siswa dengan cara memberikan pertanyaan
tentang peraturan lalu lintas
tentang peraturan lalu lintas
Guru memberi penguatan terhadap terhadap jawaban siswa
Mengkomunikasi Secara bergiliran siswa maju untuk menceritakan gamabr peraturan
tentang peraturan lalu lintas
tentang peraturan lalu lintas
Hasil kerja siswa lalu di pajang di papan pajangan
Guru memberi penilaian hasil kerja
c. Penutup
- Guru memberikan timbal balik dengan cara menugaskan siswa untuk mempraktikan di rumah, disekolah dan di lingkungan sekitar.
- Membaca doa penutup dengan membaca namaskhara patha dan diakhiri dengan salam
H. PENILAIAN
1. Tes tertulis
2. Unjuk kerja
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN 24 Guru mata pelajaran
Sungai Raya
Sungai Raya
DRA. DWI ASTUTI SUGINEM
NIP. 196608201987012002 NIP. 197011052000032002
I. Pilihlah Jawaban yang Paling tepat
1. Sikap yang harus di lakukan anak kepada orang tua . . .
a. Menyakiti b. Memberi c. Menghormati
2. Apa yang dilakukan anak ketika masuk rumah ?
a. Mengucap salam b. Berteriak c. Diam saja
3. Kepada siapa anak bersikap hormat dirumah ?
a. Guru b. Orang Tua c. Kepala Sekolah
4. Ketika guru mengajar sikap siswa sebaiknya . . .
a. Mendengarkan b. Tidur c. Mengobrol
5. Apa tugas anak sebagai siswa ?
a. Bermain b. Mengobrol c. Belajar
PENILAIAN UNTUK KERJA
LEMBAR PENGAMATAN KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR
No | Nama Siswa | ASPEK PENGAMATAN | Jumlah Sekor | Nilai | Ket | |||
Keindahan | Keserasian | Kebersihan | Kerapian | |||||
| | | | | | | | |
1 | | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
2 | | | | | | | | |
Keterangan Sekor Nilai = Skor yang diperoleh x 100
Masing – masing kolom diisi dengan Skor total
4 = Baik Sekali Keterangan 80 – 100 = membudaya dan konsisten ( MK )
3 = Baik 60 – 79 = membudaya ( M )
2 = Cukup 40 – 59 = mulai tampak ( MT )
1 = Kurang 0 – 39 = belum tampak ( BT )
0 komentar:
Posting Komentar