Program Pengembangan dan Muatan Pembelajaran

A.   STRUKTUR DAN MUATAN PEMBELAJARAN
Program Pengembangan dan Muatan Pembelajaran
Kelompok Bermain Taman Pena
Program Pengembangan
Kompetensi yang Dicapai
Muatan Pembelajaran / Materi
Nilai Agama dan Moral
1.1 Mempercayai adanya Tuhan  melalui Ciptaannya
·   Mengetahui sifat Tuhan sebagai pencipta, mengenal ciptaan-ciptaan Tuhan, membiasakan mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
·   Terbiasa saling menghormati (toleransi) agama, mengucapkan keagungan Tuhan sesuai agamanya, merawat kebersihan diri, tidak menyakiti diri atau teman, menghargai teman (tidak mengolok-olok), hormat pada guru dan orang tua, menjaga dan merawat tanaman, binatang peliharaan dan ciptaan Tuhan
2.13 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
·   Terbiasa berbicara sesuai fakta, tidak curang dalam perkataan dan perbuatan, tidak berbohong, meng-hargai kepemilikan orang lain, mengembalikan benda yang bukan haknya, mengerti batasan yang boleh dan tidak bolehdilakukan terus terang, anak senang melakukan sesuatu sesuai aturan atau kesepakatan dan mengakui kelebihan diri atau temannya. 
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
·   Do’a-doa (doa sebelum dan sesudah belajar, do’a sebelum dan sesudah makan, doa sebelum dan bangun tidur, doa untuk kedua orang tua), mengenal hari-hari besar agama, cara ibadah, tokoh keagamaan 
3.2 Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
4.2 Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
·   Perilaku baik dan santun : tata cara berbicara secara santun, cara berjalan melewati orang tua, cara meminta bantuan, cara menyampaikan terima kasih setelah mendapatkan bantuan, tata cara beribadah sesuai agamanya misalnya : berdo’a, tata cara makan, tata cara memberi salam, cara berpakaian, menolong teman, orang tua dan guru.     
Fisik Motorik

2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
·   Kebiasaan anak makan makanan bergizi seimbang,
·   kebiasaan merawat diri misalnya : mencuci tangan, menggosok gigi, mandi berpakaian bersih.
·   menjaga kebersihan lingkungan misalnya: kebersihan tempat belajar dan lingkungan, menjaga kebersihan alat main dan milik pribadi.  
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3 menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
·   Nama anggota tubuh, funngsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan agar anggota tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam kelenturan, kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, kelenturan,koordinasi tubuh.
·   Kegiatan untuk latihan motorik kasar antara, lain merangkak, berjalan, berlari merayap, berjinjit, melompat, meloncat, memanjat, bergelantungan, menendang, berguling, dengan menggunakan gerakan, secara terkontrol, seimbang dan lincah dalam menirukan gerakan benda, senam, tarian, permainan tradisional, dll).
·   Keterampilan motorik halus untuk melatih koordinasi mata dan tangan, kelenturan, pergelangan tangan, kekuatan dan kelenturan jari-jari tangan, melalui kegiatan antara lain; meremas, menjumput, meronce, menggunting, menjahit, mengancingkan baju, menali sepatu, menggambar, menempel, makan, dll
·   Permainan motorik kasar atau halus dengan aturan.   
3.4 Mengetahui cara hidup sehat
·   Cara merawat kebersihan diri (misal; mencuci tangan, berlatih toilet, merawat gigi, mulut, telinga, hidung, olah raga mandi 2x sehari; memakai baju bersih), memilih makanan dan minuman yang sehat, makanan yang diperlukan tubuh agar tetapsehat,
·   Cara menghindarkan diri dari bahaya kekerasan (melindungi anggota tubuh yang terlarang: mulut, dada, alat, kelamin, pantat; waspada terhadap orang asing/tidak dikenal),
·   Cara menghindari diri dari benda-benda berbahaya misalnya pisau, listrik, pestisida, kendaraan saat dijalan raya
·   Cara menggunakan toilet dengan benar tanpa bantuan
·   Kebiasaan buruk yang harus dihindari (permen, nonton tv atau main game lebih dari 1 jam setiap hari, tidur terlalu larut malam, jajan sembarang).
Kognitif


2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
·   Membiasakan eksploratif,
·   Cara bertanya
·   Cara mendapatkan jawaban.
2.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
·   Pemahaman tentang kreatif,
·   Membiasakan kerja secara kreatif,
3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah  sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
·   Cara mengenali masalah,
·   Cara mengetahui penyebab masalah,
·   Cara mengatasi masalah,
·   Menyelesaikan kegiatan dengan berbagai cara untuk mengatasi masalah
3.6 Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya
4.6 Menyampaikan tentang apa dan bagaimana,benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lannya) melalui berbagai hasil karya

·       Bentuk dua dimensi (persegi, segi tiga, bulat, segi panjang),
·       Bentuk tiga dimensi (kubus balok, limas, tabung) ukuran (panjang-pendek)
·       Besar kecil, berat-ringan, sebentar – lama,) bilangan (satuan – puluhan )
·       Tekstur kasar-halus, keras lunak)
·       Suara (cepat-lambat, keras-halus, tinggi-rendah)
·       Pengelompokkan (berdasarkan warna, bentuk, ukuran, fungsi, warna-bentuk, warna-ukuran, ukuran-bentuk, warna-ukuran-bentuk)
·       Membandingkan benda berdasarkan ukuran “lebih dari – kurang dari”,paling/ter)
·       Mengurutkan benda berdasarkan seriasi (kecil-sedang-besar)
·       Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi (sangat kecil-lebih kecil-kecil-besar-besar-lebih besar-paling besar)
·       Pola ABC-ABC, ABCD-ABCD berdasarkan urutan warna, bentuk, ukuran, bunyi, fungsi, sumber, dll
·       Mencocokkan lambang bilangan dengan jumlah bilangan
·       Hubungan satu ke satu, satu ke banyak, kelompok ke kelompok
·       Lambang bilangan
·   Mencocokkan
3.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat, tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
4.7 Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyayi, dan gerak tubuh 
·       Keluarga (hubungan dalam keluarga, peran, kebiasaan, garis keturunan, dst)
·       Teman (nama, ciri-ciri, kesukaan, tempat tinggal dst),
·       Lingkungan geografis (pedesaan /pantai/pegunungan/kota),
·       Kegiatan orang-orang (di pagi/sore hari, dst), pekerjaan (petani, buruh, guru, dll),
·       Budaya (perayaan terkait adat, pakaian, tarian, makanan, dst),
·       Tempat-tempat umum (sekolah, pasar, kantor pos, kantor polisi, terminal,dst),
·       Berbagai jenis transportasi ( transportasi darat, air, udara, transportasi dahulu, dan sekarang),
·       Lambang negara
3.8 Mengenal lingkungan alam(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8 Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
    dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh
·       Hewan, misal; jenis (nama, ciri-ciri,bentuk),
·       Kelompok hewan berdasarkan makanan (herbivora, omnivora, carnivora),
·       Kelompok hewan berdasarkan manfaat (hewan ternak/peliharaan/buas),
·       Tanaman dikenalkan dengan jenis (tanaman darat/air, perdu/batang, buah/hias/kayu, semusim/tahunan),
·       Bermacam bentuk dan warna daun dan bermacam akar),
·       Berkembang biak (biji/stek/cangkok/beranak/memelah diri/daun),
·       Cara merawat tanaman, dst,
·       Gejala alam (angin, hujan, cuaca, siang malam, mendung, siklus air, dst), tanah, batu,
·       Sebab akibat kejadian, dst.
3.9 Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan  pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan rumah tangga, peralatan pertukangan, dll)  
·       Nama benda,
·       Bagian-bagian benda
·       Fungsi
·       Cara menggunakan secara tepat dan cara merawat, alat, dan benda yang dimaksud dapat berupa peralatan sekolah, perabot rumah tangga, perkakas kerja, peralatan elektronik, barang-barang bekas pakai.
Sosial emosional
2.5 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
·    Cara memberi salam pada guru atau teman,
·    Cara untuk berani tampil didepan teman, guru, orang rua dan lingkungan sosial lainnya,
·    Cara menyampaikan keinginan dengan santun.
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
·    Aturan bermain,
·    Aturan di satuan PAUD
·    Cara mengatur diri sendiri misalnya membuat jadwal atau garis waktu
·    Cara mengingatkan teman bila bertindak tidak sesuai aturan
2.7 Memiliki perilaku yang  mencerminkan sikap sabar( mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara ) untuk melatih kedisiplinan 
·    Cara menahan diri saat marah,
·    Ciri diri dan orang lain
·    Cara antri
·    Cara menyelesaikan gagasannya hingga tuntas,
·    Berusaha tidak menyakiti atau membalas dengan kekerasan
2.8 Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
·    Pemahaman tentang mandiri,
·    Perilaku mandiri,
·    Cara merencanakan,memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan sesuatu tanpa harus di bantu atau dengan bantuan seperlunya
2.9 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau memebantu jika diminta bantuannya
·    Keuntungan mengalah
·    Cara menawarkan bantuan pada teman atau guru,
·    Cara menenangkan diri dan temannya dalam berbagai situasi,
·    Senang berbagi makanan atau mainan
2.10 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerja sama
·    Perilaku anak yang menerima perbedaan teman dengan dirinya,
·    Cara menghargai karya teman,
·    Cara menghargai pendapat teman, mau berbagi, mendengarkan dengan sabar pendapat teman,
·    Cara berterimakasih atas bantuan yang diterima,
2.11 Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
·    Kegiatan transisi,
·    Cara menghadapi situasi berbeda
·    Cara menyesuaikan diri dengan cuaca dan kondisi alam.
2.12 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab
·    Pemahaman tentang tanggung jawab
·    Pentingnya bertanggung jawab
·    Cara bertanggung jawab (mau mengakui kesalahan dengan meminta maaf),
·    Cara merapikan / membereskan mainan pada tempat semula,
·    Mengerjakan sesuatu hingga tuntas,
·    Mengikuti aturan yang telah ditetapkan walaupun sekali-sekali masih harus diingatkan,
·    Senang menjalankan kegiatan yang menjadi tugasnya (mislanya pikat, sebagai pemimpin harus harus membantu menyiapkan alat makan dst).
3.13 Mengenal emosi diri dan orang lain

4.13 Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
·    Cara menghadapi orang yang tidak dikenal,
·    Penyebab sedih, marah, gembira, kecewa, atau mengerti jika ia mengganggu temannya akan marah, jika ia membantu temannya  akan senang, mengendalikan emosi secara wajar
3.14 Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri

4.14 Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
·    Cara mengungkapkan apa yang di rasakannya (lapar ingin makan, kedinginan memerlukan baju hangat, perlu payung agar tidak kehujanan, kepanasan, sakit perut perlu obat),
·    Teknik mengambil makanan sesuai kebutuhan, menggunakan alat main sesuai dengan gagasan yang dimilikinya,
·    Membuat karya sesuai dengan gagasannya,dst  
Bahasa
2.13 Memiliki perilku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman
·    Cara berbicara santun, menghargai teman dan orang yang lebih tua usianya
·    Pemahan sikap rendah hati
·    Contoh perilaku rendah hati dan santun
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan  membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif ( menyimak dan membaca)
·    Cara menjawab dengan tepat ketika ditanya,
·    Cara merespon dengan tepat saat mendengar cerita atau buku yang dibacakan guru,
·    Melakukan sesuai yang diminta dengan beberapa perintah,
·    Menceritakan kembali apa yang sudah didengarnya
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
·    Mengungkapkan keinginannya, menceritakan kembali
·    Bercerita tentang apa yang sudah dilakukannya,
·    Mengungkapkan perasaan emosinya dengan melalui bahasa secara tepat,
·    Mengungkapkan buku untuk berbagai kegiatan
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain

4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
·    Membaca gambar, membaca symbol,
·    Menjiplak huruf,
·    Mengenali huruf awal di namanya, menuliskan huruf-huruf namnya,
·    Menuliskan pikirannya walaupun hurufnya masih terbalik atau tidak lengkap.
·    Hubungan bunyi dengan huruf,
·    Mengucapkan kata yang sering diulang-ulang tulisannya pada buku cerita,
·    Mengeja huruf,
·    Membaca sendiri
·    Hubungan angka dan bilangan.
Seni
2.4 Memiliki perilaku mencerminkan sikap estetis
·    Cara menjaga kerapihan diri, dan
·    Cara menghargai hasil karya baik dalam bentuk gambar, lukisan, pahat, gerak, atau bentuk seni lainnya,
·    Cara merawat kerapihan-kebersihan dan keutuhan benda mainan atau milik pribadinya.
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni

4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai meda
·    Membuat berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukisan, seni suara, seni musik, karya tangan dan lainnya,
·    Menampilkan hasil karya seni




Keterangan: 
Pengembangan Sikap diterapkan secara rutin yang dituangkan dalam jadwal kegiatan rutin harian. Pengembangan sikap dilakukanmelalui keteladanan dari guru secara konsisten. Untuk membentuk konsistensi pembentukan sikap maka kegiatan rutin dipandu dalam Standar Operasional Prosedur (SOP).


0 komentar:

My Instagram