A. STRUKTUR DAN MUATAN
PEMBELAJARAN
Program Pengembangan dan Muatan Pembelajaran
Kelompok Bermain Taman Pena
Program Pengembangan
|
Kompetensi yang Dicapai
|
Muatan Pembelajaran /
Materi
|
Nilai Agama dan Moral
|
1.1
Mempercayai adanya Tuhan melalui
Ciptaannya
|
·
Mengetahui
sifat Tuhan sebagai pencipta, mengenal ciptaan-ciptaan Tuhan, membiasakan
mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan
|
1.2
Menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
·
Terbiasa
saling menghormati (toleransi) agama, mengucapkan keagungan Tuhan sesuai
agamanya, merawat kebersihan diri, tidak menyakiti diri atau teman,
menghargai teman (tidak mengolok-olok), hormat pada guru dan orang tua,
menjaga dan merawat tanaman, binatang peliharaan dan ciptaan Tuhan
|
|
2.13 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
·
Terbiasa
berbicara sesuai fakta, tidak curang dalam perkataan dan perbuatan, tidak
berbohong, meng-hargai kepemilikan orang lain, mengembalikan benda yang bukan
haknya, mengerti batasan yang boleh dan tidak bolehdilakukan terus terang,
anak senang melakukan sesuatu sesuai aturan atau kesepakatan dan mengakui
kelebihan diri atau temannya.
|
|
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
·
Do’a-doa
(doa sebelum dan sesudah belajar, do’a sebelum dan sesudah makan, doa sebelum
dan bangun tidur, doa untuk kedua orang tua), mengenal hari-hari besar agama,
cara ibadah, tokoh keagamaan
|
|
3.2 Mengenal
perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
4.2
Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
·
Perilaku
baik dan santun : tata cara berbicara secara santun, cara berjalan melewati
orang tua, cara meminta bantuan, cara menyampaikan terima kasih setelah
mendapatkan bantuan, tata cara beribadah sesuai agamanya misalnya : berdo’a,
tata cara makan, tata cara memberi salam, cara berpakaian, menolong teman,
orang tua dan guru.
|
|
Fisik Motorik
|
2.1 Memiliki
perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
·
Kebiasaan
anak makan makanan bergizi seimbang,
·
kebiasaan
merawat diri misalnya : mencuci tangan, menggosok gigi, mandi berpakaian
bersih.
·
menjaga
kebersihan lingkungan misalnya: kebersihan tempat belajar dan lingkungan,
menjaga kebersihan alat main dan milik pribadi.
|
3.3 Mengenal
anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik
halus
4.3
menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
·
Nama
anggota tubuh, funngsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan agar anggota
tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam
kelenturan, kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan,
kelenturan,koordinasi tubuh.
·
Kegiatan
untuk latihan motorik kasar antara, lain merangkak, berjalan, berlari
merayap, berjinjit, melompat, meloncat, memanjat, bergelantungan, menendang,
berguling, dengan menggunakan gerakan, secara terkontrol, seimbang dan lincah
dalam menirukan gerakan benda, senam, tarian, permainan tradisional, dll).
·
Keterampilan
motorik halus untuk melatih koordinasi mata dan tangan, kelenturan,
pergelangan tangan, kekuatan dan kelenturan jari-jari tangan, melalui
kegiatan antara lain; meremas, menjumput, meronce, menggunting, menjahit,
mengancingkan baju, menali sepatu, menggambar, menempel, makan, dll
·
Permainan
motorik kasar atau halus dengan aturan.
|
|
3.4
Mengetahui cara hidup sehat
|
·
Cara
merawat kebersihan diri (misal; mencuci tangan, berlatih toilet, merawat
gigi, mulut, telinga, hidung, olah raga mandi 2x sehari; memakai baju
bersih), memilih makanan dan minuman yang sehat, makanan yang diperlukan
tubuh agar tetapsehat,
·
Cara
menghindarkan diri dari bahaya kekerasan (melindungi anggota tubuh yang
terlarang: mulut, dada, alat, kelamin, pantat; waspada terhadap orang
asing/tidak dikenal),
·
Cara
menghindari diri dari benda-benda berbahaya misalnya pisau, listrik,
pestisida, kendaraan saat dijalan raya
·
Cara
menggunakan toilet dengan benar tanpa bantuan
·
Kebiasaan
buruk yang harus dihindari (permen, nonton tv atau main game lebih dari 1 jam
setiap hari, tidur terlalu larut malam, jajan sembarang).
|
|
Kognitif
|
2.2 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
·
Membiasakan
eksploratif,
·
Cara
bertanya
·
Cara
mendapatkan jawaban.
|
2.3 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
·
Pemahaman
tentang kreatif,
·
Membiasakan
kerja secara kreatif,
|
|
3.5
Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari
dan berperilaku kreatif
4.5
Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
|
·
Cara
mengenali masalah,
·
Cara
mengetahui penyebab masalah,
·
Cara
mengatasi masalah,
·
Menyelesaikan
kegiatan dengan berbagai cara untuk mengatasi masalah
|
|
3.6 Mengenal benda-benda
disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya
4.6
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana,benda-benda disekitar yang dikenalnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lannya) melalui berbagai hasil karya
|
·
Bentuk
dua dimensi (persegi, segi tiga, bulat, segi panjang),
·
Bentuk
tiga dimensi (kubus balok, limas, tabung) ukuran (panjang-pendek)
·
Besar
kecil, berat-ringan, sebentar – lama,) bilangan (satuan – puluhan )
·
Tekstur
kasar-halus, keras lunak)
·
Suara
(cepat-lambat, keras-halus, tinggi-rendah)
·
Pengelompokkan
(berdasarkan warna, bentuk, ukuran, fungsi, warna-bentuk, warna-ukuran,
ukuran-bentuk, warna-ukuran-bentuk)
·
Membandingkan
benda berdasarkan ukuran “lebih dari – kurang dari”,paling/ter)
·
Mengurutkan
benda berdasarkan seriasi (kecil-sedang-besar)
·
Mengurutkan
benda berdasarkan 5 seriasi (sangat kecil-lebih kecil-kecil-besar-besar-lebih
besar-paling besar)
·
Pola
ABC-ABC, ABCD-ABCD berdasarkan urutan warna, bentuk, ukuran, bunyi, fungsi,
sumber, dll
·
Mencocokkan
lambang bilangan dengan jumlah bilangan
·
Hubungan
satu ke satu, satu ke banyak, kelompok ke kelompok
·
Lambang
bilangan
·
Mencocokkan
|
|
3.7 Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat, tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi)
4.7
Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial
(keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam
bentuk gambar, bercerita, bernyayi, dan gerak tubuh
|
·
Keluarga
(hubungan dalam keluarga, peran, kebiasaan, garis keturunan, dst)
·
Teman
(nama, ciri-ciri, kesukaan, tempat tinggal dst),
·
Lingkungan
geografis (pedesaan /pantai/pegunungan/kota),
·
Kegiatan
orang-orang (di pagi/sore hari, dst), pekerjaan (petani, buruh, guru, dll),
·
Budaya
(perayaan terkait adat, pakaian, tarian, makanan, dst),
·
Tempat-tempat
umum (sekolah, pasar, kantor pos, kantor polisi, terminal,dst),
·
Berbagai
jenis transportasi ( transportasi darat, air, udara, transportasi dahulu, dan
sekarang),
·
Lambang
negara
|
|
3.8 Mengenal
lingkungan alam(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8
Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam(hewan,
tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
dalam bentuk gambar, bercerita,
bernyanyi, dan gerak tubuh
|
·
Hewan,
misal; jenis (nama, ciri-ciri,bentuk),
·
Kelompok
hewan berdasarkan makanan (herbivora, omnivora, carnivora),
·
Kelompok
hewan berdasarkan manfaat (hewan ternak/peliharaan/buas),
·
Tanaman
dikenalkan dengan jenis (tanaman darat/air, perdu/batang, buah/hias/kayu,
semusim/tahunan),
·
Bermacam
bentuk dan warna daun dan bermacam akar),
·
Berkembang
biak (biji/stek/cangkok/beranak/memelah diri/daun),
·
Cara
merawat tanaman, dst,
·
Gejala
alam (angin, hujan, cuaca, siang malam, mendung, siklus air, dst), tanah,
batu,
·
Sebab
akibat kejadian, dst.
|
|
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain,
peralatan pertukangan, dll)
4.9
Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
(peralatan rumah tangga, peralatan pertukangan, dll)
|
·
Nama
benda,
·
Bagian-bagian
benda
·
Fungsi
·
Cara
menggunakan secara tepat dan cara merawat, alat, dan benda yang dimaksud
dapat berupa peralatan sekolah, perabot rumah tangga, perkakas kerja,
peralatan elektronik, barang-barang bekas pakai.
|
|
Sosial emosional
|
2.5 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
|
·
Cara
memberi salam pada guru atau teman,
·
Cara
untuk berani tampil didepan teman, guru, orang rua dan lingkungan sosial
lainnya,
·
Cara
menyampaikan keinginan dengan santun.
|
2.6 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk
melatih kedisiplinan
|
·
Aturan
bermain,
·
Aturan
di satuan PAUD
·
Cara
mengatur diri sendiri misalnya membuat jadwal atau garis waktu
·
Cara
mengingatkan teman bila bertindak tidak sesuai aturan
|
|
2.7 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap
sabar( mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara )
untuk melatih kedisiplinan
|
·
Cara
menahan diri saat marah,
·
Ciri
diri dan orang lain
·
Cara
antri
·
Cara
menyelesaikan gagasannya hingga tuntas,
·
Berusaha
tidak menyakiti atau membalas dengan kekerasan
|
|
2.8 Memiliki
perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
·
Pemahaman
tentang mandiri,
·
Perilaku
mandiri,
·
Cara
merencanakan,memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan sesuatu
tanpa harus di bantu atau dengan bantuan seperlunya
|
|
2.9 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau memebantu jika diminta
bantuannya
|
·
Keuntungan
mengalah
·
Cara
menawarkan bantuan pada teman atau guru,
·
Cara
menenangkan diri dan temannya dalam berbagai situasi,
·
Senang
berbagi makanan atau mainan
|
|
2.10 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kerja sama
|
·
Perilaku
anak yang menerima perbedaan teman dengan dirinya,
·
Cara
menghargai karya teman,
·
Cara
menghargai pendapat teman, mau berbagi, mendengarkan dengan sabar pendapat
teman,
·
Cara
berterimakasih atas bantuan yang diterima,
|
|
2.11 Memiliki
perilaku yang dapat menyesuaikan diri
|
·
Kegiatan
transisi,
·
Cara
menghadapi situasi berbeda
·
Cara
menyesuaikan diri dengan cuaca dan kondisi alam.
|
|
2.12 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab
|
·
Pemahaman
tentang tanggung jawab
·
Pentingnya
bertanggung jawab
·
Cara
bertanggung jawab (mau mengakui kesalahan dengan meminta maaf),
·
Cara
merapikan / membereskan mainan pada tempat semula,
·
Mengerjakan
sesuatu hingga tuntas,
·
Mengikuti
aturan yang telah ditetapkan walaupun sekali-sekali masih harus diingatkan,
·
Senang
menjalankan kegiatan yang menjadi tugasnya (mislanya pikat, sebagai pemimpin harus
harus membantu menyiapkan alat makan dst).
|
|
3.13 Mengenal
emosi diri dan orang lain
4.13
Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
|
·
Cara
menghadapi orang yang tidak dikenal,
·
Penyebab
sedih, marah, gembira, kecewa, atau mengerti jika ia mengganggu temannya akan
marah, jika ia membantu temannya akan
senang, mengendalikan emosi secara wajar
|
|
3.14
Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
4.14
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
·
Cara
mengungkapkan apa yang di rasakannya (lapar ingin makan, kedinginan
memerlukan baju hangat, perlu payung agar tidak kehujanan, kepanasan, sakit
perut perlu obat),
·
Teknik
mengambil makanan sesuai kebutuhan, menggunakan alat main sesuai dengan
gagasan yang dimilikinya,
·
Membuat
karya sesuai dengan gagasannya,dst
|
|
Bahasa
|
2.13 Memiliki
perilku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua,
pendidik, dan teman
|
·
Cara
berbicara santun, menghargai teman dan orang yang lebih tua usianya
·
Pemahan
sikap rendah hati
·
Contoh
perilaku rendah hati dan santun
|
3.10 Memahami
bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10
Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif ( menyimak dan membaca)
|
·
Cara
menjawab dengan tepat ketika ditanya,
·
Cara
merespon dengan tepat saat mendengar cerita atau buku yang dibacakan guru,
·
Melakukan
sesuai yang diminta dengan beberapa perintah,
·
Menceritakan
kembali apa yang sudah didengarnya
|
|
3.11 Memahami
bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.11
Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
|
·
Mengungkapkan
keinginannya, menceritakan kembali
·
Bercerita
tentang apa yang sudah dilakukannya,
·
Mengungkapkan
perasaan emosinya dengan melalui bahasa secara tepat,
·
Mengungkapkan
buku untuk berbagai kegiatan
|
|
3.12 Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain
4.12
Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
·
Membaca
gambar, membaca symbol,
·
Menjiplak
huruf,
·
Mengenali
huruf awal di namanya, menuliskan huruf-huruf namnya,
·
Menuliskan
pikirannya walaupun hurufnya masih terbalik atau tidak lengkap.
·
Hubungan
bunyi dengan huruf,
·
Mengucapkan
kata yang sering diulang-ulang tulisannya pada buku cerita,
·
Mengeja
huruf,
·
Membaca
sendiri
·
Hubungan
angka dan bilangan.
|
|
Seni
|
2.4 Memiliki
perilaku mencerminkan sikap estetis
|
·
Cara
menjaga kerapihan diri, dan
·
Cara
menghargai hasil karya baik dalam bentuk gambar, lukisan, pahat, gerak, atau
bentuk seni lainnya,
·
Cara
merawat kerapihan-kebersihan dan keutuhan benda mainan atau milik pribadinya.
|
3.15 Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
4.15
Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai meda
|
·
Membuat
berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukisan, seni suara, seni
musik, karya tangan dan lainnya,
·
Menampilkan
hasil karya seni
|
Keterangan:
Pengembangan Sikap diterapkan secara rutin
yang dituangkan dalam jadwal kegiatan rutin harian. Pengembangan sikap
dilakukanmelalui keteladanan dari guru secara konsisten. Untuk membentuk konsistensi
pembentukan sikap maka kegiatan rutin dipandu dalam Standar Operasional
Prosedur (SOP).
0 komentar:
Posting Komentar