KURIKULUM
SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KELOMPOK
BERMAIN TAMAN PENA
DOKUMEN I
JALAN
RASAU JAYA DUSUN KERAMAT I RT. 20 RW. 01
DESA
KUALA DUA KECAMATAN SUNGAI RAYA
KABUPATEN
KUBU RAYA
2016/2017
SURAT
PENGESAHAN PEMBERLAKUKAN KTSP KB TAMAN
PENA
No.
/KB-TP/E/VII/2016
Berdasarkan pengajuan
permohonan pengesahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang disiapkan
oleh:
makaDinas Pendidikan dan
Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya Bidang Kebudayaan dan PAUD dengan
mempertimbangkan:
1.
Dasar-dasar hukum dan acuan
yang digunakan dalam pengembangan KTSP Kelompok Bermain Taman Pena;
2.
Tatacara pengembangan KTSP yang dilakukan oleh tim penyusun Kelompok
Bermain Taman Pena;
3.
Bukti fisik seluruh dokumen
KTSP yang telah disusun oleh Tim dari Kelompok Bermain Taman Pena.
maka dengan ini menyatakan,
bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Kelompok Bermain Taman Penadapat
di terapkan/dilaksanakan mestinya; dengan catatan Kelompok Bermain Taman
Pena tetapberupaya secara terus-menerus dapat meningkatkan
mutu KTSP dilembaganya.
BAGIAN I
PROFIL LEMBAGA
A. Sejarah Singkat KB Taman Pena
Kelompok Bermain (KB)
Taman Pena didirikan
pada tahun 2011 dibawah naungan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Taman
Pena. Tokoh yang paling berjasa dalam membidangi lahirnya KB Taman Pena adalah
Muhammad Yusuf, SEI yang saat itu sebagai Pendiri PAUD Siratul Jannah bersama
Linda Yulianti dan Abdussyakur dan didukung Oleh Muhammad Pahri selaku Ketua RT
20 RW 01 Desa Kuala Dua yang merasa prihatin melihat banyak anak-anak usia 4-6
tahun di RT 20 Sekitar wilayah Pondok Pesantren Darul Ulum yang berkerumun
tanpa ada aktivitas pembelajaran.
Pada Tahun 2011
terdapat anak yang meninggal dunia disebabkan Penyakit Difteri karena kurang
pahamnya orang tua terhadap kesehatan anak, atas penyuluhan dari Dinas
Kesehatan Kabupaten kubu Raya dan Dinas Pendidikan maka diperlukan wadah
pembinaan kepada orang tua yang memiliki anak balita. Akhirnya dengan prakarsa
orang-orang di atas, maka ada inisiatif untuk mendirikan suatu lembaga
Pendidikan yang berfokus kepada anak usia 3-6 Tahun, maka terbentuklah PAUD
Taman Pena.
Awal beridirnya PAUD
Taman Pena dengan layanan Kelompok Bermain (KB) menginduk kepada lembaga PAUD
Siratul Jannah. Dengan semangat dan kerja keras maka pada tahun 2014 KB Taman
Pena memisahkan diri dari PAUD Siratul Jannah dan mengurus Izin kepada
Pemerintah Kabupaten kubu Raya melalu Badan Penanaman Modal dan Pelayanan
Terpadu dan terbitlah izin KB Taman Pena dengan nomor
503/034/BPMPT-E/PAUD/2015.
B. Alamat
Dan Peta Lokasi KB Taman Pena
KB
Taman Pena terletak di
Jalan Rasau Jaya RT. 20 RW.01 Dusun Keramat I Desa Kuala Dua kecamatan Sungai
Raya Kabupaten Kubu Raya yang menggunakan ruangan belajar milik Muhammad Yusuf
dengan bentuk alam terbuka.
C. Status KB Taman Pena
KB Taman Pena telah
memiliki izin operasional dari Pemerintah Kabupaten kubu Raya melalu Badan
Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu dan terbitlah izin KB Taman Pena dengan
nomor 503/034/BPMPT-E/PAUD/2015 dan status KB Taman Pena adalah Swasta.
D. Data pendukung Lainnya
No
|
Nama
|
L/P
|
Jabatan
|
Tahun Mulai Menjabat
|
Ket
|
1
|
Dwi Astuti
|
P
|
Tutor KB
|
2011
|
|
2
|
Nur Kholipah, S.Pd
|
P
|
Tutor KB
|
2011
|
|
3
|
Lailatul Badiah
|
P
|
Tutor KB
|
2014
|
|
4
|
Zubaidah, S.Pd
|
P
|
Tutor KB
|
2011
|
|
5
|
Aryana, S.Pd
|
P
|
Tutor TPA
|
2013
|
|
6
|
Muriana, S.Pd
|
P
|
Tutor TPA
|
2013
|
|
E. Kepengurusan
Struktur
Kepengurusan KB Taman Pena sebagai berikut :
1.
Ketua Pengelola KB Taman Pena,
memiliki tugas sebagai berikut :
a. Merupakan pimpinan tertinggi,
yang mewakili lembaga keluar maupun ke dalam serta bertanggung jawab atas
jalannya lembaga.
b. Berhak menetapkan biaya
operasional berdasarkan program kerja maupun biaya lainnya yang diperlukan
c. Ketua bertanggung jawab kepada keputusan
rapat dan forum Musyawarah
d. Menyelesaikan masalah lembaga
e. Mengkoordinir perencanaan,
pengawasan, evaluasi pelaksanaan program.
f. Ketua bersama bendahara
bertanggung jawab atas kebijakan pengaturan keuangan serta inventaris lembaga.
g. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan program secara terinci,
transparan, terbuka dan ramah dalam memberikan pelayanan.
h. Bekerjasama dengan berbagai pihak untuk
kepentingan lembaga
i. Memberi pelayanan administratif kepada
pendidik dan tenaga kependidikan serta orang tua peserta didik
j. Pengembangan program Kelompo bermain
k. Mengkoordinasikan guru-guru kelompok bermain
l. Mengelola administratif kelompok bermain
m. Melakukan evaluasi dan pembinaan terhadap kinerja gurukelompok bermain
n. Melakukan
evaluasi terhadap program pembelajaran di kelompok bermain
2. Sekretaris,
memiliki tugas sebagai berikut :
a. Mengkoordinir pelayanan teknis
administrasi untuk kelancaran jalannya lembaga.
b.
Mengatur tugas-tugas
kesekretariatan
c.
Mengatur jadual kegiatan,
mengadministrasikan semua kegiatan.
d.
Mengkoordinir pelaksanaan
harian kegiatan lembaga dan bersama ketua.
e.
Menginventarisir
masalah-masalah yang timbul berkaitan dengan lembaga.
f.
Sekretaris bersama ketua
bertindak untuk dan atas nama lembaga dengan menanda tangani surat-surat keluar
g.
Sekretaris menghimpun
hasil keputusan rapat mendokumentasikan serta mensosialisasikan kepada seluruh
pengurus.
h.
Sekretaris mengatur dan
mengamankan inventaris lembaga.
i.
Melaksanakan
administrasi sekolah secara terartur dan tertib
j.
Mencatat surat
masuk dan keluar secara teratur
k.
Membuat surat
surat yang diperlukan lembaga
l.
Menyimpan arsip
surat surat dan dokumen lembaga
m.
Mengerjakan buku
induk warga belajar dan pendidik
n.
Memberikan pelayanan
administratif kepada guru, orangtua dan
peserta didik
o.
Memperlancar administrasi
penerimaan peserta didik
p.
Mengelola sarana dan
prasarana kelompok bermain
3. Bendahara, memiliki tugas sebagai berikut :
a.
Bendahara mengatur seluruh
keuangan baik yang masuk maupun keluar.
b.
Bendahara bertanggung
jawab atas ketertiban pengelolaan keuangan lembaga
c.
Bendahara menginventarisir
masalah yang timbul berkaitan dengan keuangan lembaga, serta mengupayakan
pemecahannya bersama dengan ketua dan pengurus lainnya, khususnya dengan bagian
yang berkaitan.
d.
Bendahara membuat laporan
keuangan sekurang-kurangnya 3 (tiga) bulan sekali disampaikan dalam rapat pleno
pengurus
e.
Bendahara bersama-sama
ketua mengkoordinir perencanaan dan penggunaan keuangan lembaga
f.
Bendahara dapat
mengeluarkan uang berdasarkan persetujuan Ketua.
4. Guru/Pendidik,
memiliki tugas sebagai berikut :
a. Hadir 15 menit sebelum kegiatan dimulai.
b. Menyusun rencana program pembelajaran
c. Memiliki kepekaan, responsif dan humoris
terhadap perilaku anak
d. Berperilaku sopan santun, menghargai dan
melindungi anak
e. Menata lingkungan belajar anak
f. Menata tempat bermain anak.
g. Mendampingi anak saat melakukan kegiatan
h. Merapikan tempat bermain anak
i. Mencatat perkembangan dan pertumbuhan anak
j. Melaksanakan proses pendidikan, pengasuhan
dan perlindungan
k. Melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil pendidikan, pengasuhan dan
perlindungan.
l. Mengakomodasi anak didik, orang tua, teman
sejawat dari berbagai latar belakang budaya dan sosial ekonomi
m. Menyusun rencana pembelajaran
n. Mengelola pembelajaran sesuai dengan kelompoknya
o. Mencatat perkembangan anak
p. Menyusun pelaporan perkembangan anak
q. Melakukan kerjasama dengan orang tua dalam program
parenting.
BAGIAN
II
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan anak usia
dini diyakini menjadi dasar bagipenyiapan sumber daya manusia yang berkualitas
di masadatang. Oleh karena itu layanan PAUD harus dirancangdengan seksama
dengan memperhatikan perkembangananak, perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi
sertabudaya yang berkembang. Memahami
kondisi tersebut,maka Kelompok Bermain Taman Pena memandang perlu untuk
mengembangkan KurikulumTingkat Satuan PAUD.
Kurikulum Tingkat
Satuan PAUD Kelompok bermain Taman Pena disusun oleh Tim Pengembang Lembaga
yangterdiri dari Pengelola, Tim Guru dan Komiteorang tua dengan bimbingan
Penilik PAUD.Kurikulum Kelompok bermainTaman Pena disusun sebagaiacuan
penyelenggaraan dan pengelolaan keseluruhanprogram dan pelaksanaan
pembelajaran. Kurikulum kelompok bermain Taman Pena juga dijadikan sebagai
patokanuntuk melaksanakan pengukuran keberhasilan pencapaiantujuan, program dan
keseluruhan kegiatan pembelajaransekaligus sebagai tolok ukur untuk peningkatan danperbaikan mutu satuan
pendidikan secara bertahap dan berkesinambungan.
Bermain
merupakan jendela perkembangan anak. Lewat kegiatan bermain aspek perkembangan
anak bisa ditumbuhkan secara optimal dan maksimal. Membiarkan anak-anak usia
pra sekolah bermain telah terbukti mampu meningkatkan perkembangan mental dan
kecerdasan anak, bahkan jika anak tersebut mengalami malnutrisi.
Pendidikan anak
usia dini memandang anak sebagai individu yang utuh sehingga membutuhkan
pelayanan menyeluruh yang meliputi berbagai aspek perkembangan fisik dan
psikis. Secara kodrati bahwa anak sejak lahir memiliki lebih dari satu bakat,
tetapi bakat tersebut bersifat potensial. Untuk itu, anak perlu diberikan pendidikan
yang sesuai dengan perkembangannya. Pertumbuhan dan perkembangan akan tercapai
secara optimal, apabila diciptakan
situasi dan kondisi kondusif yang sesuai dengan kebutuhan anak yang berbeda satu dengan lainnya, sehingga
layanan pendidikan yang diberikan harus memperhatikan keberagaman budaya,
agama, kondisi alam dan pola kehidupan sehari-hari anak. Selain itu, sangat
perlu diperhatikan kodrat anak sebagai mahluk individu, sosial, susila dan
religius. Oleh karena itu pengembangan anak usia dini berorientasi pada
pendekatan berpusat pada anak (student
centered).
B. Tujuan
KTSP
Tujuan Kurikulum Kelompok
Bemrain Taman Penadisusunsebagai:
1.
Acuan bagi Pengelola dan Guru
dalam menyusun program layanan, kegiatan pembelajaran
dan kegiatan lain yangmendukung pencapaian keberhasilan belajar anak.
2.
Informasi
tentang program layanan PAUD yang diberikanoleh satuan PAUD kepada peserta
didik
3.
Dokumen
program yang diperlukan untuk pemberian pembinaan.
4.
Acuan
bagi Pendidik dalam menyusun Rencana Pembelajaran.
5.
Acuan
bagi pendidik dalam melakukan penilaian terhadap hasil pembelajaran sesuai
dengan usia anak.
C. Dasar
Penyusunan KTSP KB Taman Pena
1.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.
Peraturan
Presiden Republik Indonesia Nomor 60 tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia
Dini Holistik-Integratif;
3.
Peraturan
Pemerintah RI Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan
Pemerintah RI Nomor 19Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
4.
Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137Tahun 2014 tentang Standar
Pendidikan Anak Usia Dini,sebagai pengganti Peraturan Menteri Pendidikan
NasionalNo. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak UsiaDini;
5.
Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013
Pendidikan Anak UsiaDini;
6.
Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160tahun 2014 tentang Pemberlakuan
Kurikulum tahun 2006dan Kurikulum 2013;
7.
Pedoman
Penyusunan KTSP Direktorat Pembinaan PAUDTahun 2014;
8.
Visi,
Misi, dan Tujuan KB Taman Pena
D. Visi, Misi dan Tujuan KB Taman Pena
Visi Kelompok Bermain Taman
Pena
“Terwujudnya Anak Usia Dini Yang
sehat, Cerdas, Ceria dan Berkarakter”
Misi Kelompok Bermain Taman
Pena
1. Mewujudkan PAUD yang menyenangkan dan Berkarakter.
2. Mewujudkan pengembangan IMTAQ dan IPTEK
3. Mewujudkan kerjasam yang harmonis yang perduli
terhadap sesama
4. Mengupayakan pemerataan peningkatan mutu dan efisiensi
penyelenggaraan pendidikan bagi anak usia dini
5. Mengupayakan peningkatan kemampuan, keterampilan dan
kesadaran masyarakat dan orang tua dalam memberikan layanan PAUD
6. Mengembangkan anak sedini mungkin agar anak memiliki
karakter.
Tujuan
Kelompok Bermain Taman Pena
1. Mewujudkananak yang sehat, jujur, senang belajar, dan
mandiri
2. Mewujudkananak yang mampu merawat dan peduli terhadap
diri sendiri, teman, dan lingkungan sekitarnya
3. Menjadikan anak yang mampu berfikir, berkomunikasi,
bertindak produktif dan kreatif melalui bahasa, musik, karya, dan gerakan
sederhana.
4. Menjadikan anak berkarakter sejak dini.
5. Menciptakaniklim belajar yang kondusif bagi
penyelenggaraan pendidikan, perawatan,
pengasuhan, dan perlindungan anak.
6. Menjadi lembaga rujukan PAUD tingkat Kabupaten.
E. Karakteristik
Kurikulum KB Taman Pena
Kurikulum Kelompok
Bermain (KB) Taman Pena disusun dengan mengusung nilai-nilai islami sebagai
dasar untuk pengembangan karakter peserta didik. Nilai-nilai karakter yang
dikembangkan antara lain: kepemimpinan, jujur, kreativitas, mandiri. Penerapan
nilai-nilai dilakukan melalui pembiasaan rutin yang diterapkan selama anak
berada di KB Taman Pena.
Dalam mengelola
kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, kreatif, dan partisipatif, KB Taman
Pena menerapkan model pembelajaran sentra, dimana kelompok anak dalam satu hari
bermain dalam satu sentra yang didalamnya berisi berbagai aktivitas sebagai
pemenuhan densitas main. Sentra yang disiapkan adalah: sentra imtaq, sentra
bahan alam, sentra persiapan, dan sentra main peran. Untuk kelompok usia5 - 6
tahun bermain di sentra persiapan sebanyak 2 kali dalam seminggu dalam rangka
membantu kematangan keaksaraan anak, yaitu dilaksanakan setiap hari Senin dan
Rabu.
Untuk sentra bahan alam
dilaksanakan setiap hari Kami dan sentra bermain peran setiap hari Selasa.
Sedangkan sentra Imtaq dilaksanakan setiap hari Jumat dengan berbagai aktivitas
bermain, tetapi tetap mengutamakan kemampuan anak mengenal huruf Hijaiyah,
doa-doa harian, surat-surat pendek dan anak dikenalkan ibadah seperti berwudhu
dan tata cara sholat.
F. STRUKTUR DAN MUATAN
PEMBELAJARAN
Program Pengembangan dan Muatan Pembelajaran
Kelompok Bermain Taman Pena
Program Pengembangan
|
Kompetensi yang Dicapai
|
Muatan Pembelajaran /
Materi
|
Nilai Agama dan Moral
|
1.1
Mempercayai adanya Tuhan melalui
Ciptaannya
|
·
Mengetahui
sifat Tuhan sebagai pencipta, mengenal ciptaan-ciptaan Tuhan, membiasakan
mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan
|
1.2
Menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
·
Terbiasa
saling menghormati (toleransi) agama, mengucapkan keagungan Tuhan sesuai
agamanya, merawat kebersihan diri, tidak menyakiti diri atau teman,
menghargai teman (tidak mengolok-olok), hormat pada guru dan orang tua,
menjaga dan merawat tanaman, binatang peliharaan dan ciptaan Tuhan
|
|
2.13 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
·
Terbiasa
berbicara sesuai fakta, tidak curang dalam perkataan dan perbuatan, tidak
berbohong, meng-hargai kepemilikan orang lain, mengembalikan benda yang bukan
haknya, mengerti batasan yang boleh dan tidak bolehdilakukan terus terang,
anak senang melakukan sesuatu sesuai aturan atau kesepakatan dan mengakui
kelebihan diri atau temannya.
|
|
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
·
Do’a-doa
(doa sebelum dan sesudah belajar, do’a sebelum dan sesudah makan, doa sebelum
dan bangun tidur, doa untuk kedua orang tua), mengenal hari-hari besar agama,
cara ibadah, tokoh keagamaan
|
|
3.2 Mengenal
perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
4.2
Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
·
Perilaku
baik dan santun : tata cara berbicara secara santun, cara berjalan melewati
orang tua, cara meminta bantuan, cara menyampaikan terima kasih setelah
mendapatkan bantuan, tata cara beribadah sesuai agamanya misalnya : berdo’a,
tata cara makan, tata cara memberi salam, cara berpakaian, menolong teman,
orang tua dan guru.
|
|
Fisik Motorik
|
2.1 Memiliki
perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
·
Kebiasaan
anak makan makanan bergizi seimbang,
·
kebiasaan
merawat diri misalnya : mencuci tangan, menggosok gigi, mandi berpakaian
bersih.
·
menjaga
kebersihan lingkungan misalnya: kebersihan tempat belajar dan lingkungan,
menjaga kebersihan alat main dan milik pribadi.
|
3.3 Mengenal
anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan
motorik halus
4.3
menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
·
Nama
anggota tubuh, funngsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan agar anggota
tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam
kelenturan, kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan,
kelenturan,koordinasi tubuh.
·
Kegiatan
untuk latihan motorik kasar antara, lain merangkak, berjalan, berlari
merayap, berjinjit, melompat, meloncat, memanjat, bergelantungan, menendang,
berguling, dengan menggunakan gerakan, secara terkontrol, seimbang dan lincah
dalam menirukan gerakan benda, senam, tarian, permainan tradisional, dll).
·
Keterampilan
motorik halus untuk melatih koordinasi mata dan tangan, kelenturan, pergelangan
tangan, kekuatan dan kelenturan jari-jari tangan, melalui kegiatan antara
lain; meremas, menjumput, meronce, menggunting, menjahit, mengancingkan baju,
menali sepatu, menggambar, menempel, makan, dll
·
Permainan
motorik kasar atau halus dengan aturan.
|
|
3.4
Mengetahui cara hidup sehat
|
·
Cara
merawat kebersihan diri (misal; mencuci tangan, berlatih toilet, merawat
gigi, mulut, telinga, hidung, olah raga mandi 2x sehari; memakai baju
bersih), memilih makanan dan minuman yang sehat, makanan yang diperlukan
tubuh agar tetapsehat,
·
Cara
menghindarkan diri dari bahaya kekerasan (melindungi anggota tubuh yang
terlarang: mulut, dada, alat, kelamin, pantat; waspada terhadap orang
asing/tidak dikenal),
·
Cara
menghindari diri dari benda-benda berbahaya misalnya pisau, listrik,
pestisida, kendaraan saat dijalan raya
·
Cara
menggunakan toilet dengan benar tanpa bantuan
·
Kebiasaan
buruk yang harus dihindari (permen, nonton tv atau main game lebih dari 1 jam
setiap hari, tidur terlalu larut malam, jajan sembarang).
|
|
Kognitif
|
2.2 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
·
Membiasakan
eksploratif,
·
Cara
bertanya
·
Cara
mendapatkan jawaban.
|
2.3 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
·
Pemahaman
tentang kreatif,
·
Membiasakan
kerja secara kreatif,
|
|
3.5
Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari
dan berperilaku kreatif
4.5
Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
|
·
Cara
mengenali masalah,
·
Cara
mengetahui penyebab masalah,
·
Cara
mengatasi masalah,
·
Menyelesaikan
kegiatan dengan berbagai cara untuk mengatasi masalah
|
|
3.6 Mengenal benda-benda
disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya
4.6
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana,benda-benda disekitar yang dikenalnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lannya) melalui berbagai hasil karya
|
·
Bentuk
dua dimensi (persegi, segi tiga, bulat, segi panjang),
·
Bentuk
tiga dimensi (kubus balok, limas, tabung) ukuran (panjang-pendek)
·
Besar
kecil, berat-ringan, sebentar – lama,) bilangan (satuan – puluhan )
·
Tekstur
kasar-halus, keras lunak)
·
Suara
(cepat-lambat, keras-halus, tinggi-rendah)
·
Pengelompokkan
(berdasarkan warna, bentuk, ukuran, fungsi, warna-bentuk, warna-ukuran,
ukuran-bentuk, warna-ukuran-bentuk)
·
Membandingkan
benda berdasarkan ukuran “lebih dari – kurang dari”,paling/ter)
·
Mengurutkan
benda berdasarkan seriasi (kecil-sedang-besar)
·
Mengurutkan
benda berdasarkan 5 seriasi (sangat kecil-lebih kecil-kecil-besar-besar-lebih
besar-paling besar)
·
Pola
ABC-ABC, ABCD-ABCD berdasarkan urutan warna, bentuk, ukuran, bunyi, fungsi,
sumber, dll
·
Mencocokkan
lambang bilangan dengan jumlah bilangan
·
Hubungan
satu ke satu, satu ke banyak, kelompok ke kelompok
·
Lambang
bilangan
·
Mencocokkan
|
|
3.7 Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat, tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi)
4.7
Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial
(keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam
bentuk gambar, bercerita, bernyayi, dan gerak tubuh
|
·
Keluarga
(hubungan dalam keluarga, peran, kebiasaan, garis keturunan, dst)
·
Teman
(nama, ciri-ciri, kesukaan, tempat tinggal dst),
·
Lingkungan
geografis (pedesaan /pantai/pegunungan/kota),
·
Kegiatan
orang-orang (di pagi/sore hari, dst), pekerjaan (petani, buruh, guru, dll),
·
Budaya
(perayaan terkait adat, pakaian, tarian, makanan, dst),
·
Tempat-tempat
umum (sekolah, pasar, kantor pos, kantor polisi, terminal,dst),
·
Berbagai
jenis transportasi ( transportasi darat, air, udara, transportasi dahulu, dan
sekarang),
·
Lambang
negara
|
|
3.8 Mengenal
lingkungan alam(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8
Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam(hewan,
tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
dalam bentuk gambar, bercerita,
bernyanyi, dan gerak tubuh
|
·
Hewan,
misal; jenis (nama, ciri-ciri,bentuk),
·
Kelompok
hewan berdasarkan makanan (herbivora, omnivora, carnivora),
·
Kelompok
hewan berdasarkan manfaat (hewan ternak/peliharaan/buas),
·
Tanaman
dikenalkan dengan jenis (tanaman darat/air, perdu/batang, buah/hias/kayu,
semusim/tahunan),
·
Bermacam
bentuk dan warna daun dan bermacam akar),
·
Berkembang
biak (biji/stek/cangkok/beranak/memelah diri/daun),
·
Cara
merawat tanaman, dst,
·
Gejala
alam (angin, hujan, cuaca, siang malam, mendung, siklus air, dst), tanah,
batu,
·
Sebab
akibat kejadian, dst.
|
|
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain,
peralatan pertukangan, dll)
4.9
Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
(peralatan rumah tangga, peralatan pertukangan, dll)
|
·
Nama
benda,
·
Bagian-bagian
benda
·
Fungsi
·
Cara
menggunakan secara tepat dan cara merawat, alat, dan benda yang dimaksud
dapat berupa peralatan sekolah, perabot rumah tangga, perkakas kerja,
peralatan elektronik, barang-barang bekas pakai.
|
|
Sosial emosional
|
2.5 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
|
·
Cara
memberi salam pada guru atau teman,
·
Cara
untuk berani tampil didepan teman, guru, orang rua dan lingkungan sosial
lainnya,
·
Cara
menyampaikan keinginan dengan santun.
|
2.6 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk
melatih kedisiplinan
|
·
Aturan
bermain,
·
Aturan
di satuan PAUD
·
Cara
mengatur diri sendiri misalnya membuat jadwal atau garis waktu
·
Cara
mengingatkan teman bila bertindak tidak sesuai aturan
|
|
2.7 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap
sabar( mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara )
untuk melatih kedisiplinan
|
·
Cara
menahan diri saat marah,
·
Ciri
diri dan orang lain
·
Cara
antri
·
Cara
menyelesaikan gagasannya hingga tuntas,
·
Berusaha
tidak menyakiti atau membalas dengan kekerasan
|
|
2.8 Memiliki
perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
·
Pemahaman
tentang mandiri,
·
Perilaku
mandiri,
·
Cara
merencanakan,memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan sesuatu
tanpa harus di bantu atau dengan bantuan seperlunya
|
|
2.9 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau memebantu jika diminta
bantuannya
|
·
Keuntungan
mengalah
·
Cara
menawarkan bantuan pada teman atau guru,
·
Cara
menenangkan diri dan temannya dalam berbagai situasi,
·
Senang
berbagi makanan atau mainan
|
|
2.10 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kerja sama
|
·
Perilaku
anak yang menerima perbedaan teman dengan dirinya,
·
Cara
menghargai karya teman,
·
Cara
menghargai pendapat teman, mau berbagi, mendengarkan dengan sabar pendapat
teman,
·
Cara
berterimakasih atas bantuan yang diterima,
|
|
2.11 Memiliki
perilaku yang dapat menyesuaikan diri
|
·
Kegiatan
transisi,
·
Cara
menghadapi situasi berbeda
·
Cara
menyesuaikan diri dengan cuaca dan kondisi alam.
|
|
2.12 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab
|
·
Pemahaman
tentang tanggung jawab
·
Pentingnya
bertanggung jawab
·
Cara
bertanggung jawab (mau mengakui kesalahan dengan meminta maaf),
·
Cara
merapikan / membereskan mainan pada tempat semula,
·
Mengerjakan
sesuatu hingga tuntas,
·
Mengikuti
aturan yang telah ditetapkan walaupun sekali-sekali masih harus diingatkan,
·
Senang
menjalankan kegiatan yang menjadi tugasnya (mislanya pikat, sebagai pemimpin
harus harus membantu menyiapkan alat makan dst).
|
|
3.13 Mengenal
emosi diri dan orang lain
4.13
Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
|
·
Cara
menghadapi orang yang tidak dikenal,
·
Penyebab
sedih, marah, gembira, kecewa, atau mengerti jika ia mengganggu temannya akan
marah, jika ia membantu temannya akan
senang, mengendalikan emosi secara wajar
|
|
3.14
Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
4.14
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
·
Cara
mengungkapkan apa yang di rasakannya (lapar ingin makan, kedinginan
memerlukan baju hangat, perlu payung agar tidak kehujanan, kepanasan, sakit
perut perlu obat),
·
Teknik
mengambil makanan sesuai kebutuhan, menggunakan alat main sesuai dengan
gagasan yang dimilikinya,
·
Membuat
karya sesuai dengan gagasannya,dst
|
|
Bahasa
|
2.13 Memiliki
perilku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua,
pendidik, dan teman
|
·
Cara
berbicara santun, menghargai teman dan orang yang lebih tua usianya
·
Pemahan
sikap rendah hati
·
Contoh
perilaku rendah hati dan santun
|
3.10 Memahami
bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10
Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif ( menyimak dan membaca)
|
·
Cara
menjawab dengan tepat ketika ditanya,
·
Cara
merespon dengan tepat saat mendengar cerita atau buku yang dibacakan guru,
·
Melakukan
sesuai yang diminta dengan beberapa perintah,
·
Menceritakan
kembali apa yang sudah didengarnya
|
|
3.11 Memahami
bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.11
Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
|
·
Mengungkapkan
keinginannya, menceritakan kembali
·
Bercerita
tentang apa yang sudah dilakukannya,
·
Mengungkapkan
perasaan emosinya dengan melalui bahasa secara tepat,
·
Mengungkapkan
buku untuk berbagai kegiatan
|
|
3.12 Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain
4.12
Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
·
Membaca
gambar, membaca symbol,
·
Menjiplak
huruf,
·
Mengenali
huruf awal di namanya, menuliskan huruf-huruf namnya,
·
Menuliskan
pikirannya walaupun hurufnya masih terbalik atau tidak lengkap.
·
Hubungan
bunyi dengan huruf,
·
Mengucapkan
kata yang sering diulang-ulang tulisannya pada buku cerita,
·
Mengeja
huruf,
·
Membaca
sendiri
·
Hubungan
angka dan bilangan.
|
|
Seni
|
2.4 Memiliki
perilaku mencerminkan sikap estetis
|
·
Cara
menjaga kerapihan diri, dan
·
Cara
menghargai hasil karya baik dalam bentuk gambar, lukisan, pahat, gerak, atau
bentuk seni lainnya,
·
Cara
merawat kerapihan-kebersihan dan keutuhan benda mainan atau milik pribadinya.
|
3.15 Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
4.15
Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai meda
|
·
Membuat
berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukisan, seni suara, seni
musik, karya tangan dan lainnya,
·
Menampilkan
hasil karya seni
|
Keterangan:
Pengembangan Sikap diterapkan secara rutin
yang dituangkan dalam jadwal kegiatan rutin harian. Pengembangan sikap
dilakukanmelalui keteladanan dari guru secara konsisten. Untuk membentuk konsistensi
pembentukan sikap maka kegiatan rutin dipandu dalam Standar Operasional
Prosedur (SOP).
G.
Program Khusus dan Pendukung
Kelompok Bermain Taman Pena
mengembangkan program khusussebagai program unggulan dari Satuan PAUD ini
berupa:
1. Pengenalan alam sekitar
2. Pengenalan huruf-huruf hijaiyah dan surat-surat
pendek.
3. Pengembangan bakat dan minat anak
4. Kegiatan parenting
5. Kegiatan pentas seni dari dan oleh anak,
6. Kegiatan ibadah
H.
Alokasi Pembelajaran
Alokasi pembelajaran di Satuan
PAUD Kelompok Bermain Taman Pena sebanyak
2 semester dalam setahun, pada semester 1 terdiri dari 19 minggu efektif
dan semesetr 2 19 minggu efektif. Sedangakan dalam satu minggu 15 jam @ 60
menit (900 menit) dalam seminggu. Kegiatan pembelajaran tatap muka dilaksanakan
selama 5 hari dimulai dari pukul 14.00 – 17.00. Jadwal kegiatan harian
dilampirkan dalam lampiran KTSP
I.
Program Tahunan KB Taman Pena
No
|
Kegiatan
|
Waktu Pelaksanaan
|
1
|
Pelaksanaaan kurikulum
a. Permulaan tahun ajaran
b. Kegiatan puncak tema
c. Hari-hari libur
1) Libur semester 1
2) Libur semester
2
d. Pembagian laporan perkembangan anak
1) Semester 1
2) Semester 2
e. Penerimaan peserta didik baru
|
18 Juli 2016
Hr Jumat Minggu ke 4 di bulan
genap (setiap 2 bulan sekali)
26 – 31Desember 2016
23 Juni – 14 juli 2017
23Desember 2016
23 Juni 2017
Januari – Juli 2016
|
2
|
Kegiatan Pendukung
a. Kegiatan mendatangkan nara sumber
b. Kunjungan,
c. Pentas seni anak,
d. Perayaan hari-hari besar
|
3 kali sesuai tema
1 kali sesuai tema
2 kali saat pembagian laporan
perkembangan
|
3
|
Kegiatan Keorangtuaan
o Pertemuan orang tua,
o Pekan Promosi /Open house
o Hari keluarga
|
Setiap hari Kamis minggu ke 4
Untuk calon wali murid di minggu
ke 3 bulan Juni
|
4
|
Layanan Kesehatan dan Gizi
o Penimbangan
o Pemberian vitamin A
o DDTK
o Imunisasi
o Pemeriksaan Kesehatan Umum
o Pemeriksaan Kesehatan Gigi
o Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS)
|
Setiap bulan
Februari dan Agustus
Sesuai dengan kebutuhan
Disesuaikan
Tiga bulan sekali
Enam bulan sekali
Minimal sebulan sekali
|
0 komentar:
Posting Komentar