Maluku

A.    SEJARAH MALUKU
Maluku atau secar internasionalnya disebut Moluccas, molukken termasuk privinsi tertua yang ada di Indonesia. Maluku sudah dikenal sejak zaman kerajaan-kerajaan besar di timur tengah seperti kerajaan fir’aun dengan bukti tablet tanah liat yang ditemukan di Persia, Mesopotamia, dan mesir menyatakan “ adanya negeri dari timur yang sangat kaya, merupakantanah surga emas, dan mutiara”. Daerah itu yang tak lain adalah Maluku yang memang merupakan penghasil pala da fuli, cengkeh, dan mutiara. pala dan fuli dapat ditemukan didaerah Banda Kepulauan, cengkeh dapat ditemukan dinegeri Ambon, pulau – pulau lease seperti sapama, haruku, dan nusa laut, dan mutiara dapat ditemukan di Kepulauan Aru dan kota Dobo.
Ibu kota Maluku adalah Ambon, pada tahun 1999 provinsi Maluku terpecah menjadi 2 provinsi yaitu Maluku selatan dan Maluku utara yang ber ibu kota di sofifi. Maluku secara geografis bersebelahan dengan provinsi Sulawesi yang tepat di sebelah barat provinsi Sulawesi. Maluku oleh bangsa cina dan eropa disebut dengan kepulauan rempah.

B.     KEBUDAYAAN MALUKU
Kebudayaan dimaluku sangat beragam adapun kebudayaan di Maluku meliputi :
1.      Rumah Adat Maluku
Rumah adat Maluku dinamakam baileo, baileo biasanya dipakai untuk tempat pertemuan, musyawarah, dan upacara adat. Rumah tersebut merupakan rumah panggung yang dikelilingi oleh serambi, atapnya besar dan tinggi terbuat dari daun rumbia. Sedang dindingnya dari tangkai rumbai.  

2.      Pakaian Adat Maluku
Pakaian adat Maluku tidak sebutan nama tertentu seperti pakaian adat jawa yang disebut kebaya. Tapi pakaian adat Maluku terbagi menjadi dua yaitu pakaian adat laki – laki dan pakaian adat perempuan.
Di Maluku para lelaki biasa nya memakai beberapa setelan jas berwarna merah da hitam baju dalamnya  yang berendra dan memakai ikat pinggang. Sedang para perempuan biasanya memakai baju yang disebut baju cele semacam kebaya pendek dan berkain yang di suji. Perhiasan hanya dipakai bagi wanitanya saja yang berupa anting, kalung, dan cincin. Pakaian adat Maluku ini berdasarkan pakaian adat ambon.

3.      Bahasa Maluku
Dalam sejarah tertulis bahwa bahasa Maluku ada 132 bahasa seperti  diantaranya yaitu bahasa alone, ambelau, dan asilulu, tapi dalam keseharian orang meluku biasanya menggunakan bahasa melayu ambon.

4.      Suku Di Maluku
Mayoritas penduduk Maluku adalah suku rana, alifuru, togitil, dan furu aru.

5.      Lagu Daerah Maluku
Lagu kedarahan Maluku adalah : kole-kole, mande-mande, dan rasa saying-sayange.

6.      Senjata tradisional Maluku
Senjata tradisional yang ada di Maluku disebut parang sawalaku dengan panjang kira-kira 90-100 cm, dan perisainya disebut dengan sawalaku dihiasi dengan motif yang melambangkan keberanian. Parang terbuat dari bahan besi yang keras sedangkan tangkainya parang terbuat dari kayu yang keras. Selain untuk keperluan perang parang biasanya juga dipakai untuk menarikan tarian cakalele. 

7.      Tarian Maluku
Di Maluku sebenarya ada berbagai macam tarian tradisional tapi disini saya hanya menatumkan tiga taria saja yaitu :
a.       Tari lenso
Tari ini disebut dengan tari pergaulan dikarenakan semua penarinya dari bebagai lapisan masyarakat Maluku. Tari ini ditarikan ramai – ramai dengan anggota muda – mudi masyarakat Maluku, tari ini biasanya di pentaskan dalam acara pernikahan, panen cengkeh atau tahun baru.

b.      Tari cakalele
Tari ini disebut dengan tari perang dikarenakan melukiskan jiwa kepahlawanan yang gagah perkasa. Tari ini ditarikan pemuda, pria dewasa dan pemudi, wanita dewasa dengan menggunakan baju kostum warna merah dan memegang parang sawalaku.

c.       Tari cakaola
Jenis tari pergaulan yang berdasarkan unsur-unsur gerak tari tradisional orlapei dan saureka-reka. Tari ini biasanya di tarikan untuk memeriahkan pesta-pesta atau pertujukkan dan menjamu para tamu.

8.      Agama di Maluku
Penduduk Maluku mayoritas beragama islam sunni, Kristen, dan budha

9.      Alat Musik Maluku
Alat music Maluku sangat beragam mulai dari alat music asli tradisional orang Maluku dan alat music perpaduan budaya dari eropa. Adapu alat music Maluku sebagai berikut:
a.       Arabubu
Arabubu adalah semcam alat music rebab yang terbuat dari tempurung kelapa, kulit hewan, dan kayu. Sedangkan dawainya terbuat dari serat pohon pisang cara memainkannya dengan cara digesek dengak menggunakan alat khusus.

b.      Fu atau tahuri atau korno
Alat music khas Maluku ini yaitu alat music yang terbuat dari kerang. Cara memainkanya dengan cara ditiup dan akan menghasilkan bunyi yang sangat nyaring.

c.        Tifa
Alat music ini terbuat dari kayu dengan ujung meruncing, karena bentuknya seperti instrmen alat music ini menghasilkan bunyi yang sangat nyaring.

d.      Totobuang
Alat musik ini berupa gong kecil yang terbuat dari bahan kuningan, ada 12-14 gong kecil dengan ukuran yang berbeda masing-masing menghasilkan nada – nada melodis yang indah saat dipukul dengan kayu.

e.       Jukulele

Alat musik ini merupakan alat musik tiruan dari portugis yang terbuat dari bahan batok kelapa, kulit kambing, kayu, dan senar nilon sebagai dawainya. Cara memainkanya dengan dipetik seperti gitar. 

0 komentar:

My Instagram