Jenis Ikan Air Tawar

Jenis ikan air tawar
1. Ikan koi ; Ikan koi atau Cyprinus carpio L pertamakali dipopulerkan di Jepang. Sekitar tahun 1820-an para penangar ikan negeri sakura berhasil menyilangkan beberapa strain ikan mas menjadi ikan dengan warna merah dan putih yang menarik. Ikan hasil persilangan ini dikenal dengan nama koi. Kemudian tahun-tahun berikutnya berkembang ikan koi dengan berbagai varian warna menarik lainnya.
Ikan koi merupakan ikan hias air tawar yang cocok dipelihara di kolam bukan akuarium. Karena daya tarik ikan koi terdapat pada warna-warni yang indah bila dilihat dari atas. Selain itu, ikan koi juga memerlukan ruang gerak yang luas. Jenis ikan hias air tawar ini cukup mudah dikembangbiakan, namun sulit mendapatkan koi berkualitas.
Panduan teknis budidaya ikan koi
2. Ikan cupang. ; Ikan cupang atau Betta sp. merupakan salah satu jenis ikan air tawar endemik negara-negara di Asia Tenggara. Ikan ini berkembang baik di rawa-rawa daerah tropis. Ikan cupang sanggup hidup dalam volume air yang sedikit dan minim oksigen. Cupang dapat dipelihara dalam toples kecil dan tidak perlu mesin penghasil gelembung (aerotor).
Jenis-jenis ikan hias air tawar

3. Ikan arwana ; Nama latin ikan hias air tawar ini adalah Scleropages sp. Arwana merupakan salah satu ikan endemik Indonesia. Ikan ini banyak ditemukan di perairan air tawar Kalimantan dan Papua. Dahulu, ikan arwana didapat dari perburuan di alam bebas. Namun saat ini sudah bisa dibudidayakan.

Jenis-jenis ikan hias air tawar

4. Ikan koki ; Ikan koki (Carrasius auratus) masih satu keluarga dengan ikan mas. Pertamakali dikenal sebagai ikan hias di Cina. Namun yang mempopulerkan ikan koki adalah bangsa Jepang. Dari negeri ini, ikan koki menjadi semakin variatif dengan berbagai warna dan bentuknya.

Jenis-jenis ikan hias air tawar

7. Ikan discus ; Ikan discus (Symphysodon discus) berasal dari perairan Amazon. Disebut discus karena bentuknya seperti piringan (disc) dengan warna-warni yang atraktif. Pembawaan ikan hias air tawar ini sangat tenang dan gerakannya lembut, sehingga disebut raja akuarium. Ikan yang paling besar bisa mencapai diameter 15 cm.

Jenis-jenis ikan hias air tawar
Jenis ikan air asin
1. Ikan Hias Watchman Gobies ; Ikan hias Watchman Gobies memiliki nama ilmiah Cryptocentrus. Ikan ini dikenal dengan beberapa pola namun yang terkenal adalah Bluespotted dan Pink Spotted Watchman Goby. Watchman Goby adalah ikan yang agresif dan salah satu spesies ikan yang cocok untuk para pemula. Daya tahan hidup dan kemampuan berenangnya membuat ikan ini wajib menjadi salah satu jenis ikan air asin untuk dipelihara oleh pemula. Makanan untuk Watchman Goby biasanya adalah udang kecil.
gambar ikan hias air laut Watchman Gobies

2. Angelfish ; Angelfish adalah ikan yang bernama ilmiah Pomacanthidae. Ikan ini memiliki ciri khusus yaitu berbentuk pipih dan lebar. Ada banyak pola untuk jenis ikan ini dan semuanya memiliki ciri khas khusus yaitu motif garis-garis pada setiap sisi tubuh ikan.
Ikan Hias Angelfish
3. Ikan Blue Devil ; Ikan hias air laut blue devil adalah ikan yang memiliki tubuh yang estetis. Mungkin tubuhnya tidak seseram namanya, dalam ilmu perikanan, ikan ini memiliki nama ilmiah Paraplesiops bleekeri. Bila dilihat dari tubuhnya, anda tidak perlu menggunakan aquarium super besar karena tubuhnya cenderung kecil dan ramping dengan warna biru pada baian tubuh dengan bintik-bintik putih pada bagian atas. Oiya berhubung ikan ini suka sekali berenang diantara karang-karang, and bisa menambahkan beberapa ornamen karang di aquarium anda.
ikan hias air asin Blue Devil

4. Ikan Botana / Blue Tang ; Secara ilmiah ikan ini dinamai Paracanthurus hepatus dan dikenal dengan nama blue tang. Di Indonesia blue tang lebih dikenal dengan nama botana. Ada banyak jenis botana, anda bisa memilih tipe botana biru, botana kasur maupun botana kacamata. Bila anda pernah menonton film finding nemo, mungkin anda mengingat karakter ‘dory’ dan itulah yang disebut dengan botana biru.
 ikan hias blue tang
5. Ikan Hias Yellow Tang ; Jenis lain dari keluarga Tang, yaitu yellow tang adalah jenis ikan air laut yang cocok untuk dipelihara dirumah sebagai penghias ruangan. Ikan ini memiliki nama ilmiah Zebrasoma Flavescens dan memiliki ciri khas keluarga tangs yang dikenal cukup aktif bergerak.

Ikan Hias Air Yellow Tang



Image result for angelfish

0 komentar:

My Instagram